10.39

GO GREEN

Saat ini, hampir seluruh Negara di penjuru dunia ini menggalang gerakan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Gerakan yang sangat populer dengan sebutan ‘Go Green’ ini telah menjadi gaya hidup sebagian dari masyarakat dunia. Di Indonesia, ‘Go Green’ pun mulai merebak ditengah masyarakat.

Meskipun belum mampu menyadarkan seluruh lapisan masyarakat tentang kepedulian terhadap lingkungan,pemerintah Indonesia tetap berkomitmen serius dalam mengatasi berbagai kerusakan lingkungan.

Upaya tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan,seperti melakukan penanaman pohon pelindung & pohon Penghijauan seperti : bibit tanaman Hias, bibit Trembesi, bibit sengon & bibit buah atau menggerakkan “Car Free Day”. Itu hanya sebagian dari upaya menanamkan kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu,pemerintah juga mendorong industri untuk selalu ramah lingkungan, mempromosikan berbagai produk ramah lingkungan, serta membangun kesadaran masyarakat akan penggunaan produk-produk ramah lingkungan.Peningkatan produk ramah lingkungan sekaligus untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar internasional.Khususnya, bagi produk-produk yang akan diekspor ke AS dan Eropa. Pasalnya, kedua negara tersebut hanya akan menerima produk-produk dari luar negeri yang telahbersertifikat ramah lingkungan

Di dalam negeri sendiri, eco product belum mampu menjamah seluruh kalangan masyarakat. Pemicu utamanya adalah harga harga eco product yang masih relatif tinggi. Dengan kata lain, produk ini belum diterima pasar secara luas sehingga dampak positifnya pun belum dirasakan seluruh masyarakat.Untuk itu, perluasan pasar akan eco product sangatlah penting dilakukan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat penggunaan eco product.

Produk-produk ramah lingkungan

Belakangan, produk-produk ramahlingkungan cukup mudah ditemui dipasaran. Berbagai industri rumah tangga yang menghasilkan beragam produk daur ulang pun bermunculan. Misalnya saja,industri tas atau beragam aksesoris yangt erbuat dari limbah plastik, seperti kemasan deterjen, biskuit, atau kopi.Di daerah Kulonprogo, Yogyakarta,tengah dikembangkan produk kerajinan yang ramah lingkungan.

Kerajinan ini menggunakan bahan baku alami yang bisadiperbarui dan bukan berasal dari bahan tambang ataupun barang langka lainnya.Salah satu jenis produk yang merupakankomoditas ekspor adalah anyaman serat pandan. Baik serat daun maupun daun pandan kering, memiliki nilai jual tinggi.Daun pandan adalah bahan baku alami yang mudah diperoleh dan dapat diperbaharui dengan penanaman kembalitanaman pandan.

Selain daun pandan,juga dikembangkan kerajinan yang berbahan baku kayu yang berasal dari pohon yang cepat tumbuh sehingga tidak merusak lingkungan. Misalnya,bambu,sengon,mahoni, trembesi dan sonokeling.( Dari berbagai sumber )

Peran Serta Masyarakat .

kitapun sebagai anggota masyarakat bisa menunjukkan kepedulian kita tentang lingkungan hidup dengan melakukan hal-hal kecil dilingkungan rumah kita, akan tetapi memiliki dampak yang sangat besar misalnya :

* Menanam Tanaman Hias di luar Rumah
* Menananam Pohon Pelindung di taman perumahan
* Menanam Tanaman Buah
* Mengurangi penggunaan kertas ,

dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan manfaat baik bagi generasi kita maupu generasi yang akan datang terkait dengan program penghijauan diatas.


".. Melayani penjualan dan pengadaan tanaman hias untuk landscaping penghijauan dan tanaman pelindung serta tanaman air tawar online dan Penyedia jasa pembuatan landscape taman rumah gedung dan kolam renang.."